Sounds

Kamis, 23 Maret 2017

Perencanaan, Instruksi, dan Teknologi dalam Pendidikan

PERENCANAAN

Pertama kita akan mendeskripsikan apasih itu perencanaan instruksional
Perencanaan instruksional adalah pengembangan atau penyusunan strategi sistematik dan tertata untuk merencanakan pelajaran. 

Perencanaan dan Instruksi Pelajaran Teacher-Centered 

Perencanaan Pelajaran Teacher-Centered
Terdapat tiga alat umum di sekolah yang berguna dalam perencanaan teacher-centered adalah menciptakan sasaran behavioral (perilaku), menganalisis tugas dan menyusun taksonomi ( klasifikasi) instruksional.

Menciptakan Sasaran Behavioral. Sasaran behavioral adalah pernyataan tentang perubahan yang diharapkan oleh guru akan terjadi dalam kinerja murid. Menurut Robert Mager sasaran behavioral harus mengandung tiga bagian: 
  • Perilaku murid
  • Kondisi di mana perilaku terjadi
  • Kriteria kinerja
Menganalisis Tugas. Analisis tugas yang difokuskan pada pemecahan suatu tugas kompleks yang dipelajari murid menjadi komponen-komponen. Analisis ini dapat melalui tiga langkah dasar:
  1. Menentukan keahlian atau konsep yang diperlukan murid untuk mempelajari tugas.
  2. Mendaftar materi yang dibutuhkan untuk melakukan tugas, seperti kertas, pulpen, kalkulator, dsb.
  3. Mendaftar semua komponen tugas yang harus dilakukan.
Menyusun Taksonomi Instruksional. Taksonomi ini mengklasifikasikan sasaran pendidikan menjadi tiga domain: kognitif, afektif, dan psikomotor.
Domain kognitif, terdapat enam sasaran:
  • Pengetahuan
  • Pemahaman
  • Aplikasi
  • Analisis
  • Sintesis
  • Evaluasi
Domain afektif, terdiri dari lima saaran yang berhubungan dengan respon emosional. Masing-masing dari lima sasaran itu mensyaratkan agar murid menunjukkan tingkat komitmen atau intensitas emosional tertentu, yaitu:
  • Penerimaan 
  • Respon
  • Menghargai
  • Pengorganisasian
  • Menghargai karakterisasi
Domain psikomotor, sasaran psikomotor yaitu:
  • Gerak refleks
  • Gerak fundamental dasar
  • Kemampuan perseptual
  • Kemampuan fisik
  • Gerakan terlatih
  • Perilaku non-diskusif
Instruksi Langsung
          Instruksi langsung adalah pendekatan teacher-centered yang terstruktur yang dicirikan oleh arahan dan kontrol guru, ekspektasi guru yang tinggi atas kemajuan murid, maksimalisasi waktu yang dihabiskan murid untuk tugas-tugas akademik, dan usaha oleh guru untuk meminimalkan pengaruh negatif terhadap murid.
Strategi Instruksional Teacher-Centered
  • Mengorientasikan
  • Advance organizer
  • Pengajaran, penjelasan, dan demonstrasi
  • Pertanyaan dan diskusi
  • Mastery learning (pembelajaran penguasaan materi)
  • Seatwork ("tugas dibangku kelas")
  • Pekerjaan Rumah (PR)

Perencanaan dan Instruksi Pelajaran Learned-Centered

       Intruksi dan perencanaan learned-centered adalah pada siswa, bukan guru. Persepsi murid terhadap lingkungan pembelajaran yang positif dan hubungan interpersonal dengan guru merupakan faktor paling penting yang memperkuat motivasi dan prestasi murid. 
Prinsip learner-centered yang dikembangkan oleh gugus tugas American Psychology Assocciation (APA) dapat diklasifikasikan berdasarkan empat faktor, yaitu:
Faktor Kognitif dan Metakognitif
  • Sifat proses pembelajaran
  • Tujuan proses pembelajaran
  • Kontruksi pengetahuan
  • Pemikiran strategis
  • Memikirkan tentang pemikiran (metakognisi)
  • Konteks pembelajaran
Faktor Motivasi dan Emosional
  • Pengaruh motivasi dan emosi terhadap pembelajaran
  • Motivasi instrinsik untuk belajar
  • Efek motivasi terhadap usaha
Faktor Sosial dan Developmental
  • Pengaruh perkembangan pada pembelajaran
  • Pengaruh sosial terhadap pembelajaran
Faktor Perbedaan Individual
  • Perbedaan  individual dalam pembelajaran
  • Pembelajaran dan diversitas
  • Standar dan penilaian

TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN
     
      Teknologi dalam pendidikan merupakan hal yang penting dalam pendidikan. Disaat sekarang ini teknologi merupakan sarana/alat yang baik untuk memotivasi murid dan membimbing pembelajaran mereka, dan guna mempermudah mereka dalam memperluas ilmu pengetahuan. Seperti: internet, web (world wide web), website , email, dsb.
       International Society for Technology in Education telah menyusun standar teknologi di masa pra-taman kanak-kanak sampai grade 2, grade 3 sampai 5, grade 6 sampai 8, dan grade 9 sampai 12. Standar ini bervariasi mulai dari perangkat input dan output (seperti mouse dan printer) saat murid sudah selesai grade 2 hingga murid mampu menggunakan sumber daya informasi online secara efektif untuk memenuhi kebutuhan riset, komunikasi dan produktivitas pada akhir grade 12.



1 komentar:

jaeceegaetani mengatakan...

Lucky 7 Casino Review 2021 | Rating for real money at US online
The Lucky 7 casino has been around for a long time and is a favorite to players around the world. 게임 종류 However, the operator has 1xbet 먹튀 quickly established 넷마블 바카라 itself as Online Since: 2017Min 토토 사이트 신고 Deposit: €10Deposit Methods: Skrill, Neteller and more 벳 익스